Sistem idelogi Di Dunia

A. SISTEM IDEOLOGI? 

    Seringkali kita mendengar kata sistem dalam keseharian kita,ada yang mengatakan "sistim" sama dengan "sistem". Dalam kenyataannya antara sistem dan sistim merupakan dua kata yang kontradiksi. Menurut Pamudji : “Sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisir, suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau utuh. Dengan kata lain sistem dapat diumpamakan tubuh manusia yang terdiri dari subsistem panca indra. Dalam kaitannya dengan tema kita sekarang, maka ideologi yang ada di dunia mempunyai sistem masing-masing. Dan tentunya pembelaan
terhadap suatu ideologi merupakan cermin suatu golongan. Sedangkan ideologi itu sendiri memiliki pengertian secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Dalam arti luas, ideology adalah pedoman normative yang dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita, nila dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi.Ideology berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu edios yang artinya gagasan atau konsep dan logos yang berarti ilmu.istilah ideology pertama kali dikemukakan oleh destut de Tracy tahun 1796 yang berarti suatu program yang diharapkan dapat membawa suatu perubahan institusional dalam masyarakat Perancis.
B.Ideologi di Dunia
  Jika kita ingin menulusuri ideologi yang ada di dunia,maka jawabannya adalah kebingungan.Banyaknya ideologi di dunia tidak jauh dari kerangka pemikiran manusia yang tak pernah sama. Dan hasil pemikiran ini lah yang seringkali menjadi dasar terbentuknya ideologi. contohnya ideologi liberal yang sering dikatakan sebagai penjunjung kebebasan dan mengangkat martabat manusia melalui Konsep HAM.Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama.Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu.Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. Dari pemahaman ini,tentunya agama bukan lah nomor satu,apalagi pemerintah. Kapitalisme dibangun berdasarkan ide pemisahan antara agama dengan kehidupan atau yang populer dengan istilah Sekularisme. Kapitalisme masih mengakui eksistensi agama, tetapi agama tidak dibolehkan mengatur urusan kehidupan manusia. Agama hanya diberi otoritas untuk mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dalam masalah ritual dan spiritual, sedangkan dalam masalah kehidupan, manusialah yang berhak mengatur sendiri urusannya. Agar pandangan tersebut bisa direalisasikan, orang Kapitalis menetapkan Liberalisme (kebebasan) sebagai metodenya. Jika politik dan kebebasan telah menjadi ideologi tanpa agama dan pemerintahan,maka hasil akhir yang akan diperoleh pun akan bebas dan peluang ancaman lebih banyak. wah inikah yang diharapkan?
   Lain halnya dengan ideologi komunisme,sekalipun ideologi ini menjunjung tinggi nilai kesejahteraan ekonomi,akan tetapi kurang diminati dimasa sekarang.Akidah Komunisme mengatakan, bahwa materi merupakan asal segala wujud dan tidak ada yang lain. Mereka menolak adanya Allah sebagai Sang Pencipta. Dengan begitu jelas mereka menolak agama. Sebaliknya mereka menciptakan “agama” baru dengan menyembah dan mengagung-agungkan benda. Mereka mengatakan, bahwa agama adalah candu yang akan merusak masyarakat. Tentunya hal ini tidak sesuai dengan prinsip keagamaan manapun.
Dimasa kini,konsep emansipasi wanita telah merebak ke penjuru dunia. hal ini juga yang menjadikan benih tumbuhnya ideologi feminisme. Feminisme berjalan dengan pemikiran sebagai berikut:
  1. Inti pemikiran : emansipasi wanita
  2. Landasan pemikiran: bahwa wanita tidak hanya berkutat pada urusan wanita saja melainkan juga dapat melakukan seprti apa yang dilakukan oleh pria. Wanita dapat melakukan apa saja.
  3. System pemerintahan: demokrasi

  Emansipasi sejauh ini masih kontra antara sebgian pemuka agama dan para pemikir. sebabnya tiada lain karena kodrat dan aktifitas yang berlebihan. Dikatakan berlebihan ya mungkin karena alasan kelayakan dan norma-norma yang ada.

  Ideologi yang berorientasi kepada reformasi kebebasan individu pun berkembang,sehingga konsep neolib yang kita kenal dengan neoliberalisme menjadi suatu ideologi yang diharapkan oleh kaumnya menjadi ideologi yang dapat diterima secara universal.Asas pemikiran Neoliberalisme antara lain:
1. Inti pemikiran : mengembalikan kebebasan individu
2. filsafat : sebagai perkembangan dari liberalisme
3. landasan pemikiran : setiap manusia pada hakikatnya baik dan berbudi pekerti
4. system pemerintahan : demokrasi
  Tak dapat dipungkiri memang alasan kebebasan merupakan senjata yang ampuh dalam misi untuk membangun suatu komunitas. Namun kebebasan dapat berwujud bomerang.Jadi,ideologi manakah yang harus di ikuti?? Selanjutnya >>

Tags:
© 2013 The dark anco. All rights reserved.
Powered by Ancorez