Filsafat Pikiran dalam tradisi kontinental

Filsafat Pikiran dalam tradisi kontinental


Psikologi adalah ilmu yang menyelidiki keadaan mental secara langsung. Umumnya menggunakan metode empiris untuk menyelidiki keadaan mental yang konkret seperti sukacita, ketakutan atau obsesi. Psikologi meneliti hukum yang mengikat negeri-negeri mental untuk satu sama lain atau dengan input dan output untuk organisme manusia.

Contohnya adalah psikologi persepsi, yang mana para ilmuwan dalam hal ini telah menemukan prinsip-prinsip umum dari persepsi bentuk. Sebuah hukum psikologi mengatakan bahwa bentuk objek yang bergerak dalam arah yang sama dianggap berhubungan satu sama lain. Hukum ini menggambarkan hubungan antara input visual dan negeri persepsi mental. Hukum-hukum yang ditemukan oleh psikologi yang kompatibel dengan semua jawaban untuk masalah pikiran-tubuh yang sudah jelas.

Okay, sekarang kita akan fokus pada satu gaya atau tradisi filsafat dalam budaya Barat modern, biasanya disebut filsafat analitik (kadang- kadang digambarkan sebagai filsafat Anglo-Amerika). Banyak sekolah yang telah didirikan yang tergolong dalam label filsafat kontinental. Dalam kasus apapun, meskipun topik dan metode di sekolah-sekolah ini banyak (seperti fenomenologi, eksistensialisme, dll), namun dalam kaitannya dengan filsafat pikiran secara global dapat dibedakan dari sekolah analitik dalam hal 'bahwa mereka kurang fokus mengenai bahasa dan analisis logis', tetapi lebih fokus pada pemahaman eksistensi manusia dan pengalaman. Dengan mengacu pada pembahasan pikiran, persepsi dalam beberapa arti cenderung diterjemahkan sebagai upaya untuk memahami konsep-konsep pemikiran dan pengalaman tidak hanya melibatkan analisis bentuk-bentuk linguistik.

Dalam Fenomenologi Georg Wilhelm Friedrich Hegel of Mind, Hegel membahas tiga jenis yang berbeda dari pikiran: 'pikiran subjektif', pikiran individu; 'pikiran obyektif', pikiran masyarakat dan Negara; dan 'pikiran Mutlak' , suatu kesatuan dari semua konsep.

Di zaman modern, dua sekolah utama yang telah dikembangkan dalam menanggapi atau perlawanan terhadap tradisi Hegel adalah fenomenologi dan eksistensialisme. Fenomenologi, didirikan oleh Edmund Husserl, berfokus pada isi pikiran manusia dan bagaimana proses membentuk pengalaman fenomenologis kita. Eksistensialisme, sebuah sekolah pemikiran didirikan oleh S'ren Kierkegaard Dan Friedrich Nietzsche, berfokus pada isi pengalaman dan bagaimana penawaran pikiran dengan pengalaman.

Sebuah contoh (meskipun tidak terlalu dikenal) dari seorang filsuf dan ilmuwan pikiran kognitif yang mencoba untuk mensintesis ide-ide dari kedua tradisi adalah Ron McClamrock. Meminjam dari Herbert Simon dan juga dipengaruhi oleh ide-ide dari fenomenolog eksistensial seperti Maurice Merleau-Ponty dan Martin Heidegger, McClamrock menunjukkan bahwa kondisi manusia 'menjadi-di-dunia- ("Dasein", "In-der-welt-sein") membuat mustahil bagi mereka untuk memahami diri sendiri dengan abstraksi jauh dari itu dan memeriksanya seolah-olah objek percobaan terpisah yang mereka sendiri tidak merupakan bagian integral.

Filsuf lainnya adalah Sean Dorrance Kelly, Profesor dan Ketua Filsafat di Harvard. Kelly, yang telah mempelajari Filsafat Prancis dan Jerman abad ke-20, Filsafat Pikiran, serta Filsafat Cognitive Science, dapat dilihat sebagai bangunan atas karya Hubert Dreyfus mentornya, seorang eksistensialis yang menjadi rekannya dalam perdebatan yang luas tentang isu- isu filsafat selama beberapa dekade di Berkeley, John Searle.


Tradisi Timur seperti Buddhisme tidak berpegang pada model dualistik pikiran / tubuh tetapi menegaskan bahwa pikiran dan tubuh adalah entitas yang terpisah. Sebagian Buddhisme tertentu tidak berpegang pada gagasan tentang jiwa, atau atman. Sebagian Buddhisme yang lain menyatakan bahwa tingkat yang sangat halus dari pikiran meninggalkan tubuh pada saat kematian dan pergi ke kehidupan baru. Menurut sarjana Buddhis Dharmakirti, definisi pikiran adalah kejelasan dan cognizes. Dalam definisi ini, 'kejelasan' mengacu pada sifat dari pikiran, dan 'cognizes' pada fungsi pikiran. Pikiran adalah kejelasan karena selalu memiliki bentuk dan karena itu memiliki kekuatan yang sebenarnya untuk melihat objek. Pikiran cognizes fungsinya adalah untuk mengetahui atau melihat objek. Dalam the Ornament of Seven Sets, sarjana Buddhis Khedrubje mengatakan bahwa pikiran, kesadaran dan cognizer adalah sinonim. Sang Buddha menjelaskan bahwa meskipun pikiran tidak memiliki bentuk, pikiran tetap mempunyai kekuatan untuk membentuk. Jadi, pikiran kita berhubungan dengan tubuh kita dan "berada" di tempat yang berbeda di seluruh tubuh. Hal ini harus dipahami dalam konteks bagaimana kesadaran akal lima dan kesadaran mental dihasilkan. Ada berbagai jenis pikiran - awarenesses akal, awarenesses mental, pikiran kotor, pikiran halus, dan pikiran sangat halus - dan mereka semua tak berbentuk (kurang bentuk, warna, suara, bau, rasa atau sifat taktil) dan mereka semua berfungsi untuk memperhatikan atau tahu. Tidak ada hal seperti pikiran. Meskipun tidak satupun dari pikiran adalah bentuk, mereka dapat berhubungan untuk membentuk.

Tags: , , , ,
© 2013 The dark anco. All rights reserved.
Powered by Ancorez