Waspadai Gejala Diabetes

Gejala diabetes adalah hal yang harus dicermati khususnya pada mereka yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini. Sebab, jenis penyakit ini tergolong penyakit yang salah satunya disebabkan oleh adanya faktor keturunan. Sehingga apabila ada kerabat kita yang memiliki riwayat penyakit diabetes ini, tak ada salahnya kiranya jika kita memiliki kewaspadaan yang lebih tinggi.

Selain itu, penyakit yang sering juga disebut dengan penyakit kencing manis ini merupakan jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Yang bisa dilakukan hanyalah dengan melakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak bertambah parah, dan juga dengan melakukan pengontrolan kondisi bagi mereka yang sudah terlanjur mengidap penyakit diabetes. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab pentingnya kita mengenali gejala diabetes ini.

Dengan mengenali gejala diabetes secara dini, maka dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin. Sebab, meski nampaknya sepele, namun penyakit diabetes ini tergolong salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Di sisi lain, tak jarang para penderita diabetes ini terpaksa mengalami invalidasi atau kecacatan bagian tubuh mereka.

Biasanya ini disebabkan karena bagian tubuh mereka harus mengalami amputasi akibat digerogoti oleh penyakit diabetes. Amputasi digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit secara cepat pada bagian tubuh lainnya. Meski demikian, hal ini bukanlah sebagai sebuah jalan untuk memberikan kesembuhan bagi penderitanya.

Gejala Diabetes

Dengan kondisi tersebut, kiranya tak salah jika kita bisa mulai sejak dini untuk mengenal gejala diabetes. Hal tersebut sebagai upaya agar kita bisa waspada terhadap penyakit ini. Selain itu, kita bisa bersiap untuk menjaga apabila kemungkinan terburuk muncul pada penderita diabetes.

Beberapa gejala diabetes yang biasanya terjadi adalah :
  • Peningkatan volume dan intensitas buang air kecil secara drastis.
  • Munculnya rasa haus dan lapar yang berlebihan.
  • Berkurangnya berat badan tubuh secara drastis.
  • Apabila terjadi luka, waktu penyembuhannya berjalan lama. Bahkan bisa terjadi infeksi dan juga berakibat munculnya borok.
  • Mudah mengalami lelah dan rasa pusing.
Namun bagi mereka yang mengalami gejala tersebut, tidak perlu langsung merasa panik. Sebab, untuk bisa memastikan kita mengalami diabetes atau tidak, hanya bisa ditentukan melalui proses uji laboratorium. Caranya dengan menguji urine untuk diketahui kadar gula yang berada di dalam tubuh. Dari hasil test urine inilah, kita bisa menyimpulkan apakah seseorang menderita penyakit diabetes atau tidak.

Tags: ,
© 2013 The dark anco. All rights reserved.
Powered by Ancorez