Klasifikasi Diabetes Mellitus

Mengenali Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus sering juga disebut dengan nama penyakit gula. Hal ini karena meningkatnya kadar gula darah si pasien penderita diabetes akibat hormon insulin dalam tubuhnya yang tidak berfungsi.

Gejala Diabetes Mellitus

Gejala diabetes mellitus atau penyakit gula ini terlihat dari sikap penderita yang terlihat seringkali buang air kecil atau kencing. Sehingga penyakit diabetes juga disebut penyakit kencing manis. Gejalanya yang lain adalah dari timbulnya keinginan untuk banyak makan karena merasa sering lapar. Mulut juga rasanya kering dan sering haus sehingga pasien penderita diabetes banyak minum.

Tubuh penderita diabetes mellitus juga memperlihatkan reaksi gampang lelah dan seringkali merasa sesak napas. Demikian tanda-tanda awal dari penderita diabetes walau kadang tidak banyak orang yang menyadari bahwa diri mereka menderita penyakit diabetes sebelum akhirnya menjadi kronis dan berlarut-larut.

Klasifikasi Diabetes Mellitus

Berikut data klasifikasi diabetes mellitus yang dikeluarkan oleh Perkumpulan Endokrinologi Indonesia atau PERKENI:

1. Diabetes Mellitus tipe 1
Adalah jenis penyakit diabetes mellitus yang diakibatkan oleh kerusakan sel penghasil insulin pada pankreas. Kerusakan ini pada umumnya menjurus ke arah kekurangan insulin mutlak atau absolut yang disebabkan oleh idiopatik dan auto imun.

2. Diabetes Mellitus tipe 2
Penyakit diabetes mellitus tipe 2 ini penyebabnya tidak hanya satu. Salah satunya terutama adalah akibat resistensi insulin yaitu banyaknya jumlah insulin tapi tidak dapat berfungsi. Bisa juga karena kekurangan insulin atau karena gangguan sekresi atau produksi insulin.

3. Diabetes Mellitus Gestasional
Diabetes Mellitus Gestasional ini adalah kondisi diabetes yang bersifat temporer atau sementara. Kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita yang sedang dalam kondisi kehamilan.

4. Diabetes Mellitus tipe lain yang disebabkan oleh bermacam mis defek atau cacat genetik. Seperti cacat genetik fungsi sel pada pankreas, cacat genetik kerja insulin, infeksi, pankreatitis, dan pengaruh obat atau bahan kimia.

Tags: ,
© 2013 The dark anco. All rights reserved.
Powered by Ancorez