Tips Menambah Berat Badan Yang Aman Dan Jitu

Banyak tips menambah berat badan yang beredar di masyarakat, namun itu diperuntukan bagi mereka yang memiliki metabolisme tubuh normal. Salah satu produk yang menurut iklannya dapat meningkatkan berat badan adalah susu penambah berat badan.

Iklan susu tersebut menunjukan gambaran kartun orang yang tubuhnya hanya berukuran sebatang lidi membawa balon dan ikut terbang bersama balon tersebut lalu gagal mendapatkan gadis idamannya. Lalu setelah meminum susu tersebut beratnya bisa naik secara signifikan dan memiliki tubuh yang lebih besar dari lidi awalnya tersebut. Pertanyaannya, apakah minum susu saja cukup untuk menambah berat badan? Jawabannya adalah tidak, diperlukan juga aktivitas yang mendukung seperti fitnes.

Untuk menambah berat badan tidak semata-mata mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya lalu tidur dan dalam waktu 1 bulan berat badan akan naik, tetapi juga harus diimbangin dengan olahraga. Hal ini untuk menghindari terjadi penumpukan lemak di bagian tertentu yang berakibat penampilan menjadi tidak nyaman dipandang. Agar hasil lebih maksimal, perhatikan pula beberapa tips menambah berat badan.

Tips-tips Yang Aman Dan Jitu

Ada beberapa tips dalam proses menambah berat badan. Dalam proses tersebut, perlu diperhatikan pula jenis metabolisme yang dimiliki oleh setiap manusia. Secara garis besar, tips untuk menambah berat badan dapat dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut:
  • Metabolisme Normal. Kecepatan katabolisme dan anabolismenya sama cepatnya.
  • Metabolisme Cepat. Kecepatan katabolismenya sangat cepat, namun anabolismenya normal.
  • Metabolisme Lambat. Kecepatan katabolismenya normal, namun anabolismenya sangat cepat.
Pada tips menambah berat badan orang normal tidak diperlukan metode tambahan untuk meningkatkan timbangan badannya. Namun sebaliknya, diperlukan beberapa tips tambahan untuk menggunakan tips menambah berat badan tersebut pada mereka yang memiliki metabolisme tubuh yang tinggi.

Metabolisme tubuh yang cepat biasanya diakibatkan karena terjadinya kelebihan kelenjar tiroid. Kelenjar ini berada di leher dan berguna sebagai salah satu penghasil sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri maupun virus yang datang ke dalam tubuh.

Salah satu dari beberapa tips menambah berat badan bagi orang normal adalah dengan menambah jumlah asupan makanan terutama yang mengandung nutrisi tinggi, tetapi harus menghindari roti tawar. Sedangkan bagi mereka yang memiliki metabolisme tubuh yang tinggi harus tetap mengonsumsi roti tawar. Berikut adalah tips menambah berat badan untuk mereka yang memiliki metabolisme tubuh yang tinggi, yaitu sebagai berikut:
  • Mengonsumsi lebih banyak makanan junk food, berkadar gula tinggi dan memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, contoh yang memiliki kadar lemak tak jenuh tinggi adalah gorengan yang dijual di pinggir jalan. Salah satu yang dapat memperlambat metabolisme tubuh adalah lemak jenuh tersebut.
  • Cukup protein. Protein masuk ke dalam salah satu tips menambah berat badan ini karena memiliki fungsi yang mampu mengikat kalori lebih lama sehingga meningkatkan massa otot. Dengan semakin besarnya otot, maka berat juga akan bertambah.
  • Makan lebih pelan, kunyahlah paling tidak 32 kali sebelum ditelan.
  • Kalau Anda suka pedas, maka sebaiknya dikurangi. Hal itu karena biasanya kalau sudah terlalu pedas, maka konsumsi air menjadi begitu banyak dan berakibat lambung menjadi penuh dengan air dan tidak mampu menerima asupan makanan lagi. Intinya adalah kurangi minum saat makan dan sebelum makan.
  • Tidur larut mengakibatkan tubuh yang seharusnya istirahat menjadi tetap bekerja dan mau tidak mau akan menguraikan semua asupan makanan dan diolah menjadi energi. Oleh karena itu, usahakan lebih banyak tidur dan memperlambat pembakaran kalori.
  • Harus dipahami bahwa makan pagi adalah salah satu cara untuk memerintahkan metabolisme mulai bekerja. Apabila sarapan terlewatkan, maka dipastikan pada saat makan siang Anda akan kelaparan dan ini akan memperlambat metabolisme tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi asupan pada saat sarapan.

Tips menambah berat badan untuk orang memiliki metabolisme tubuh tinggi terkadang tidak dapat bekerja dikarenakan adanya kelainan kelenjar tiroid dan menurun dari generasi sebelumnya. Apabila hal tersebut bersifat genetik, maka akan sangat sulit untuk diperbaiki.

Menambah Berat Dengan Hormon Medis

Selain tips menambah berat badan sederhana di atas, ada juga yang menggunakan beberapa hormon medis yang dibuat secara sintetis untuk menambah berat badan secara terpantau, yaitu Propanol dan kortisol. Pembahasan selengkapnya yaitu sebagai berikut:

1. Hormon Medis - Propanol
Adrenalin adalah salah satu hormon yang mampu memerintahkan tubuh untuk mempercepat gerakan tubuh, termasuk di dalamnya mempercepat metabolisme. Adrenalin atau dikenal juga sebagai ephineprine muncul di saat seseorang sedang berlari dikejar oleh pemain lawan saat sepak bola, memasukan bola basket saat waktu tersisa 1 detik atau bahkan saat dikejar anjing.

Pada saat pertempuran apabila pergelangan tangan seseorang terpotong oleh pedang lawannya, maka darah yang keluar hanya sedikit karena adrenalin yang muncul saat itu mampu menghentikan pendarahan. Namun, akan mengucur deras saat musuh berhasil dikalahkan atau pertempuran selesai.

Untuk mengurangi hormon adrenalin dapat dilakukan dengan mengurangi kegiatan atau dengan menggunakan obat-obat medis seperti Propranolol. Propranolol biasanya digunakan untuk perawatan penderita gangguan jantung, usahakan menggunakannya dengan bijak karena memiliki efek samping yang sangat tidak diinginkan, yaitu:
  1. sakit dada,
  2. amnesia,
  3. berhalusinasi,
  4. insomnia,
  5. sindrom steven johnson,
  6. penurunan penglihatan, dan
  7. yang paling menakutkan bagi pria yaitu impoten.
2. Hormon Medis - Kortisol
Pil medis lainnya yang disarankan sebagai tips menambah berat badan adalah Kortisol.
Kortisol adalah hormon berfungsi untuk memerintahkan jaringan supaya memperbaiki bagian tubuh yang mengalami kerusakan, selain dikenal juga sebagai hormon stress karena biasanya diberikan pada saat seseorang mengalami stress.

Mengonsumsi Kortisol yang berlebihan dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun dan hipoglikemia (menurun nya kadar gula dalam tubuh secara tidak normal). Kortisol sendiri sendiri meningkat berat badan dengan cara menghancurkan lemak pada hati yang kemudian dipindahkan ke otot-otot perut jadi tidak sepenuhnya dibuang keluar melalui keringat maupun faeses serta juga meningkatkan nafsu makan penggunanya.

Beberapa pil termasuk dalam tips menambah berat badan di atas alangkah lebih baiknya apabila dikonsumsi dengan pengawasan atau didampingi oleh ahli gizi. Pengawasan yang ketat perlu dilakukan karena dapat berakibat terjadinya kerusakan metabolisme atau bahkan terjadinya obesitas pada seseorang.

Bagaimanapun juga manusia memang tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya. Memiliki tubuh yang kurang ideal sedikit (kurang 1 kg) minta naik supaya betul-betul mencapai posisi ideal. Berat badan kelebihan 5 kg minta turun ke posisi ideal.

Keinginannya tidak salah, tapi terkadang yang salah adalah keinginan mendapatkannya secara instan dan tidak mau mengikuti proses. Bagi yang memiliki dana tidak terpakai tentu akan memilih yang cepat dan instan untuk menurunkan badan yaitu dengan liposuction.

Untuk menambah berat badan tanpa metode yang benar dapat dilakukan dengan banyak makan daging merah lalu tidur setelah makan. Namun, hal ini dapat mengakibatkan tubuh menjadi besar seperti seorang pesumo, karena hal tersebut adalah yang dilakukan oleh seorang pemain sumo di Jepang.

Alangkah baiknya untuk mencapai sebuah hasil yang maksimal dengan lebih mengutamakan proses dan kesabaran dalam menjalani proses tersebut. Proses yang dijalani mungkin tidak enak, lama, dan ada kemungkinan gagal di tengah jalan. Namun, didalamnya terdapat kenikmatan kalau betul-betul dirasakan. Dari proses yang berat tersebut kemenangan yang diraih akan terasa begitu manis.

Jadi, gunakanlah tips menambah berat badan ini untuk mencapai berat badan ideal yang diinginkan. Namun, tetaplah berkonsultasi baik dengan instruktur fitnes atau dokter olahraga yang kompeten yang mengerti bagaimana kondisi tubuhmu. Kemudian, perhatikan pula tentang apa saja yang seharusnya dilakukan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses penambahan berat badan tersebut.

Tags:
© 2013 The dark anco. All rights reserved.
Powered by Ancorez