Obat Tradisional Diabetes Mellitus

Secara umum, diabetes mellitus didefinisikan oleh medis sebagai gangguan metabolisme. Perbandingan kadar gula darah pada tubuh manusia berada di atas batas angka normal dan gula darah tersebut tidak bisa dipakai oleh tubuh sebagai energi. Proses metabolisme perombakan glukosa darah ini melibatkan bantuan insulin. Pada tubuh yang sehat, jumlah insulin ini cukup untuk melakukan perombakan.

Gula darah tidak berefek negatif pada jaringan tubuh. Lain halnya, apabila insulin tidak bisa menjalankan fungsinya terhadap gula darah ini. Dosis yang tinggi dari gula darah dapat menyebabkan ketosis (keracunan di dalam sirkulasi darah karena proses perombakan glukosa yang gagal). Penanganan medis dasar yang standar yaitu mengubah gaya hidup sesuai dengan kondisi tubuh.

Konsumsilah makanan yang terkontrol dengan takaran yang pas sesuai kebutuhan tubuh. Asupan makanan yang sehat dapat berfungsi juga sebagai obat herbal diabetes yang mudah dan murah. Selain itu, olah gerak tubuh untuk mengaktifkan kembali sensitifitas organ dan jaringan tubuh yang berhubungan dengan diabetes mellitus.

Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM)

Diabetes yang disebabkan ketidakseimbangan perbandingan jumlah insulin di dalam peredaran darah di atas disebut insulin dependent diabetes mellitus (IDDM). Ketidakseimbangan rasio tersebut sebagai akibat hilangnya sel beta penghasil insulin pada pulau-pulau Langerhans di dalam pankreas. Sel beta penghasil insulin hilang disebabkan oleh respon yang keliru pada reaksi autoimunitas.

Pasalnya, respon autoimunitas malah menghancurkan sel beta di dalam pankreas. Autoimun tersebut terjadi karena adanya infeksi di dalam tubuh. Injeksi insulin ke dalam tubuh manusia mutlak dilakukan. Tambahan obat herbal pendamping yang berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh perlu diberikan kepada penderita.

Obat herbal diabetes ini mengandung senyawa antioksidan, vitamin dan mineral. Pemberian dosis yang tepat akan memberikan efek positif bagi kesehatan. IDDM dapat menyerang manusia di segala usia. Serangannya tidak begitu tampak secara jelas. Monitoring tubuh pada taraf awal sulit mendeteksi adanya gangguan metabolisme ini.

Tingkat kesehatan dan bobot tubuh tampak baik dan normal. Respon tubuh terhadap insulin terlihat normal. Oleh karena itu, tipe diabetes ini dapat terjadi secara spontan. Kadar gula darah di atas 200 mg/dl akan mengakibatkan respon tubuh menunjukkan rasa tidak nyaman. Frekuensi buang air kecil tinggi sehingga dapat terjadi dehidrasi.

Kadar gula darah di atas kadar tersebut dapat mengakibatkan reaksi ketoasidosis yang akut. Hal itu dapat berakibat fatal bagi tubuh yang ditandai dengan kehilangan kesadaran. Diet sehat yang berbahan raw food dapat sebagai alaternatif obat herbal diabetes untuk kasus penyakit kencing gula ini.

Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM)

Berkebalikan dengan IDDM yang pengobatannya bergantung pada asupan insulin, NIDDM (non insulin dependent diabetes mellitus) merupakan penyakit gula darah yang disebabkan oleh kelainan dan perubahan spontan pada gen. Mutasi gen ini mengakibatkan disfungsi sel beta dan terganggunya sekresi hormon insulin. Selain itu mutasi gen juga berakibat penolakan sel terhadap insulin karena tidak sensitifnya organ hati, gangguan penyerapan glukosa oleh otot lurik yang berakibat pada peningkatan sekresi gula darah di dalam organ hati.

Penjagaan terhadap fungsi organ hati merupakan cara yang terbaik untuk terapi pengobatan. Organ hati berfungsi untuk merombak zat racun hasil dari metabolisme tubuh. Perombakan zat racun tersebut menjadi senyawa organik yang dibutuhkan kembali oleh tubuh perlu sistem kerja organ hati yang baik. Sebagai pendukung fungsi sistem kerja tersebut, asupan obat herbal yang memperkuat fungsi organ hati tersebut dapat diberikan kepada penderita kencing manis.

Sebagai obat alternatif dengan rujukan dan saran dokter, obat herbal diabetes dapat membantu peningkatan kesehatan penderita kencing manis. Diet yang sesuai dan olah raga teratur sangat disarankan selama proses terapi dan pengobatan. Gejala awal NIDDM yaitu tingkat kepekaan insulin terbilang rendah untuk melakukan reaksi terhadap glukosa.

Hal tersebut dapat diukur dari tingginya kadar insulin di dalam sirkulasi darah. Cara penanganan dalam keadaan seperti ini yaitu dengan pemberian obat anti diabetes. Tujuannya, agar respon kepekaan insulin meningkat atau menekan produksi gula di hati. Pengobatan alternatif dengan obat herbal diabetes yang menjaga fungsi hati dapat diberikan secara rutin dengan pengawasan dokter.

Obat herbal diabetes yang mengandung flavonoid dapat digunakan dalam terapi pengobatan. Manfaat yang dapat diambil antara lain: peningkatan senyawa protein yang dapat merangsang sensitifitas fungsi hat dan insulin di dalam sirkulasi darah. Selain dapat mereduksi reaksi oksidasi terhadap senyawa turunan karbohidrat.

Selain terapi dengan pemberian obat herbal diabetes, penderita harus bersedia melakukan aktifitas fisik, asupan makanan yang terkontrol dan terkendali. Aktifitas puasa untuk mengurangi bobot tubuh dapat juga dilakukan dengan pengawasan dokter. Gejala umum penderita diabetes mellitus antara lain: sering buang air kecil, haus, lapar, bobot badan yang terus turun.

Penderita IDDM yang berada pada taraf kritis bisa terjadi ketoasidosis. Pada tahap awal serangan terjadi, penderita merasa haus, sering kencing, mual, muntah, lelah dan nyeri perut. Ph darah bersifat asam. Jika kadar asam ini meningkat dengan tajam dapat mengakibatkan si penderita mengalami koma.

Oleh karena itu, penderita IDDM mutlak diberi injeksi insulin. Saat ini terdapat obat herbal diabetes yang berbahan dasar non-karbohidrat yang bersifat asam dengan rasa manis. Lidah penderita dapat merasakan rasa manis karena adanya anomali polarisasi persenyawaan. Obat herbal diabetes dapat dibedakan dari asal bahan dasarnya yaitu ekstrak dari daun, buah, kulit tumbuhan dan simplisia.

Herbal pada umumnya memiliki konsentrasi antioksidan yang tinggi, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral. Asupan bahan herbal ke tubuh secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, sistem kekebalan tubuh. Antioksidan berupa senyawa organik dapat bereaksi dengan radikal bebas.

Radikal-radikal bebas yang bersifat racun tersebut tidak bereaksi dengan senyawa organik yang berguna bagi tubuh. Dengan demikian, sel-sel tubuh tidak mengalami kerusakan. Peran obat herbal diabetes mendampingi obat-obatan diabetes yang sudah terbukti secara uji klinis. Obat-obatan diabetes mellitus yang sudah teruji klinis antara lain: Exenatide, Daplagliflozin, Agonis PPAR.

Pengobatan dengan menciptakan pankreas buatan dan pencangkokan sel beta terus-menerus dikembangkan. Mekanisme kerja pengobatan diabetes mellitus antara lain: insulin sencitizer, secretagogues dan mekanisme yang mencegah penyerapan glukosa yang berasal dari makanan. Ekstrak daun sebagai salah satu bahan dasar obat herbal diabetes antara lain daun stevia.

Daun stevia berasa manis dengan kandungan kalori yang sangat rendah. Program diet bagi penderita diabetes sangat dianjurkan. Daun stevia mengandung senyawa anti-hiperglikemia, anti hipertensia, anti tumor, anti diare dan imunomodulator. Asupan daun stevia ke dalam tubuh dapat meningkatkan sensitifitas insulin sehingga dapat merombak glukosa di dalam darah.

sambiloto
Ekstrak buah yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar obat herbal diabetes yaitu buah manggis (perikarp). Kulit buah manggis mengandung xanthones yaitu senyawa organik sejenis antioksidan yang banyak terkandung di perikarp buah manggis. Xanthone ini dapat membuat sensitifitas insulin meningkat dan mengurangi resistensi insulin.

Simplisia sebagai obat herbal diabetes diantaranya yaitu sambiloto. Simplisia sambiloto mengandung andrografolida sebagai antidiabetes. Senyawa organik ini dapat menekan pembentukan glukosa dalam darah menjadi asam laktat. Sebagai peredam stress bagi penderita diabetes, minum rebusan simplisia sambiloto dapat dilakukan.

Tags: ,
© 2013 The dark anco. All rights reserved.
Powered by Ancorez