kebijakan publik

Salam buat sahabat the dark anco semua,,,
kali ini kita akan coba bahas mengenai kebijakan-kebijakan yang seringkali dari kebijakan tersebut kita merasa gerah dan kurang nyaman.
Dilain pihak ada yang diuntungkan, ya wajar jika hal tersebut menguntungkan, betapa tidak, konsep kebijakan itu sendiri pada hakikatnya bagaikan kebijakan privat atau perorangan maupun golongan tertentu. Akan tetapi bukan berarti kebijakan itu hanya dari pemerintah selaku pembuat kebijakan saja, namun adanya rakyat bahkan menjadi inspirasi dari sebuah perwujudan aspirasi kepada parlemen untuk kemudian mengubahnya menjadi sebuah draft kebijakan.Thomas Dye mendefinisikan kebijakan publik yaitu "segala sesuatu yang dikerjakan atau tidak dikerjakan oleh pemerintah, mengapa suatu kebijakan harus dilakukan dan apakah manfaat bagi kehidupan bersama harus menjadi pertimbangan yang holistik agar kebijakan tersebut mengandung manfaat yang besar bagi warganya dan berdampak kecil dan sebaiknya tidak menimbulkan persoalan yang merugikan, walaupun demikian pasti ada yang diuntungkan dan ada yang dirugikan, disinilah letaknya pemerintah harus bijaksana dalam menetapkan suatu kebijakan" (Thomas Dye, 1992; 2-4). Dalam hal pembuatan kebijakan tentunya sebelumnya ada formulasi-formulasi untuk proses penyusunannya. Tingkat formulasi ini banyak kita temukan di buku-buku mengenai kebijakan publik dan analisis kebijakan.Sekarang Setidaknya yang perlu kita pahami terlebih dahulu adalah bahwa kebijakan publik tidak akan ada kecuali karena adanya masalah publik.Model kebijakan itu sendiri digunakan krn adanya eksistensi masalah publik yg kompleks. Model = pengganti kenyataan. A model is an abstraction of reality(Quade)
Tatkala berbicara mengenai kebijakan publik, berarti berbicara mengenai tindakan yang akan dikerjakan oleh pemerintah terkait keadaan,situasi,dan masalah publik lainnya yang berhungan dengan warganya. Sehingga dapat dikatakan proses dari kebijakan tersebut harus memenuhi kriteria-kriteria yang relevan hingga dapat diterima oleh warga negara. Sejalan dengan hal ini D.L. Weimer dan A.R. Vining menyatakan bahwa kebijakan publik merupakan "Proses mengevaluasi beberapa alternatif kebijakan dengan menggunakan kriteria-kriteria yang relevan agar diperoleh alternatif terbaik untuk dijadikan tindakan kebijakan". oleh karena kebijakan tersebut terkait masalah publik,tentunya analisis untuk setiap draft kebijakan perlu di analisis terlebih dahulu. Dikatakan oleh William N. Dunn (William N. Dunn, 2003: 89)

"Analisis Kebijakan (Policy Analysis) dalam arti historis yang paling luas merupakan suatu pendekatan terhadap pemecahan masalah sosial dimulai pada satu tonggak sejarah ketika pengetahuan secara sadar digali untuk dimungkinkan dilakukannya pengujian secara eksplisit dan reflektif kemungkinan menghubungkan pengetahuan dan tindakan"
Dengan kata lain, pengetahuan merupakan jaminan yang sangat dibutuhkan untuk kualitas sebuah kebijakan.

selanjutnya, insya Allah,,kita akan beralih ke topik administrasi publik,karena kebijakan publik merupakan sub sistem dari administrasi negara.

Tags:
© 2013 The dark anco. All rights reserved.
Powered by Ancorez